Halaman

Sabtu, 24 Februari 2018

ANTARA KENCING NANAH – PENGAMAN – KESEHATAN



APA KAITANNYA KENCING NANAH DAN KESEHATAN

Kesehatan merupakan anugerah dari Tuhan yang tidak ternilai harganya dan tidak di jual di toko – toko obat manapun. Sampai saat ini belum ada dan bahkan mungkin tidak akan pernah ada yang dapat membuat yang namanya kesehatan. Salah satu penyebab turunnya tingkat kesehatan seseorang adalah karena menyerangnya suatu penyakit, entah penyakit yang biasa saja sampai penyakit yang berbahaya sekalipun. Diantara penyakit yang perlu diwaspadai adalah Kencing nanah atau Gonore Kencing nanah atau Gonore merupakan penyakit yang sudah di kenal masyarakat luas sebagai salah satu Penyakit Menular Seksual (PMS) yang meresahkan.
Sebagai salah satu penyakit berbahaya, penyakit kencing nanah harus di edukasikan sedini mungkin kepada kaum pria dan wanita, baik remaja maupun yang sudah berumur ( dewasa).
Kencing nanah merupakan penyakit yang disebabkan karena bakteri Neisseria Gonnorhoeae yang menyerang bagian serviks, uretra (saluran kencing dan sperma), dubur bahkan mata dan tenggorokan. Setelah penyakit ini menyerang seseorang, kesehatan seseorang tersebut akan terganggu karena selain meurunkan daya tahan tubuh atau anti bodi juga akan menurunkan tingkat kinerja organ tubuh penderita. Penyakit ini paling sering terjadi akibat pasangan yang berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman (kondom).
Padahal menggunakan pengaman itu lebih baik daripada tidak. Pengaman (kondom) disini bermanfaat untuk menghindari tertularnya dengan penderita melalui kontak langsung kartena bakteri ini sering ditemukan pada cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi. Selain itu, pengaman sudah sering dianjurkan oleh dokter.
Sebagai sebuah penyakit yang menular, penyakit ini menyerang pria dan wanita tanpa menunjukan gejala – gejala yang signifikan. Karena hal itu, banyak sekali dari orang yang terkena gejala kencing nanah namun tidak mengetahui secara pasti bahwa itu adalah kencing nanah. Pada pria, gejala awal kencing nanah biasanya timbul dalam waktu 2-7 hari setelah terinfeksi. Gejalanya berawal sebagai rasa tidak enak pada saluran kencing dan beberapa jam kemudian diikuti oleh nyeri ketika buang air kencing serta keluarnya nanah dari penis. Sedangkan pada wanita, gejala awal biasanya timbul dalam waktu 7-21 hari setelah terinfeksi.
Penderita seringkali tidak merasakan gejala selama beberapa minggu atau bulan, dan diketahui menderita penyakit tersebut hanya setelah pasangan hubungan seksualnya tertular. Jika timbul gejala, biasanya bersifat ringan.
Tetapi beberapa penderita menunjukkan gejala yang berat, seperti desakan untuk berkemih , nyeri ketika berkemih, keluarnya cairan dari vagina, dan demam. Infeksi dapat menyerang leher rahim, rahim, saluran telur, indung telur, uretra, dan rektum serta menyebabkan nyeri pinggul yang dalam ketika berhubungan seksual.
Wanita dan pria homoseksual yang melakukan hubungan seks melalui anus (seks anal) dapat menderita gonore pada rektumnya. Penderita akan merasakan tidak nyaman di sekitar anusnya dan dari rektumnya keluar cairan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar